Sabtu, 12 November 2011

LESSON PLAN TK (RENCANA PEMBELAJARAN)

Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
 

Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kreativitas
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 27  Juli 2010,                                          Pelaksanaan : 28 Juli 2010

SILABUS
Judul                                 : Kebun binatang dan Halaman pak Salim
Materi                                : Menstempel
Kompetensi Dasar            : kemampuan menstempel dengan jari dan stempel pola
Hasil Belajar                    :   Anak mampu menstempel pada pola yang ditentukan guru
Indikator Hasil Belajar   : - Anak mampu mencelup jari dan stempel pada pewarna
-  Anak mampu menstempel dengan jari dan stempel pada pola yang ditentukan oleh guru
Alokasi waktu                   : 2 x 30 menit

 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :  Tepuk “ gajah” , menyanyi “ ikan “
Scene Setting  :
          Pada hari minggu, ustadzah Aas dan ustadzah Anis pergi ke suatu tempat yang luas sekali, di sana banyak binatangnya, ada gajah, ada kuda, ada singa, harimau, zebra, ikan dan masih banyak lagi, binatang-binatang tersebut tinggal di kandang masing-masing dan dijaga sama pak penjaga, tapi, pagi itu pak penjaganya ketiduran dan akibatnya binatangnya lepas semua.
Siapa yang mau membantu pak penjaga mencari binatang yang lepas dan membuat pagar kandangnya?  
Prosedur Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan guru tentang cara menstempel dengan pola jari dan pola.
2.  Anak-anak membentuk pagar pada buku gambar sesuai contoh guru.
3.  Anak-anak menstempel pola binatang seperti yang dicontohkan Ustadzah
4.  Anak-anak mendapat hadiah pin karton yang ada stempel gambar binatang yang disukai.

PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi lagu “Lihat Kebunku”
Scene Setting  :
Halaman pak Salim penuh dengan dedaunan yang berjatuhan dari pepohonan, saat halamannya di bersihkan ternyata daunnya banyak sekali sampai-sampai tong sampahnya tidak muat, terus pak Salim minta tolong sama Ustadzah Aas dan teman dari TK A, mau diapakan daunnya?
Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan Ustadzah tentang cara menstempel dengan daun ke buku gambar.
2.  Anak-anak mencelupkan daun ke pewarna dan  menekannya ke buku gambar.
 
Strategi  :
Pemberian tugas.
Teaching Aids  :
Buku gambar, miniature binatang, stempel , bantalan stempel, pewarna, pin karton.
Sumber Belajar  :

Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio


Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd )                                                         ( Asmawiyah, S.Pd.I )

Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
 

Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal Konsultasi          : 31 Juli 2010                                   Pelaksanaan : 2 agustus 2010

SILABUS
 

Judul                                 : Pak Tani
Materi                                : Mengenal bentuk geometri
Kompetensi Dasar            : kemampuan mengenal bentuk geometri
Hasil Belajar                    :   Anak mampu membedakan tiga bentuk geometri dengan benar
Indikator Hasil Belajar   : - Anak mampu menyebut tiga bentuk geometri (segitiga, lingkaran dan segi empat)
-  Anak mampu menunjuk tiga bentuk geometri (segitiga, lingkaran dan segi empat)
Alokasi waktu                   : 2 x 30 menit

 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I
Alpha Zone    :
Salam Pembuka : Menyanyi “lingkaran besar-kecil” sambil bergandeng tangan
Scene Setting  :
          Suatu hari Ustadzah jalan-jalan ke taman yang sangat indah, eiiit………..dari kejauhan Ustadzah mendengar suara tangisan anak kecil, Ustadzah mendekati anak tersebut, ternyata anak itu menangis karena mainan puzzle “Pak Tani”nya berantakan. 
Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak diajak lomba membetulkan puzzle “Pak Tani”
2.      Anak-anak mendengarkan penjelasan Ustadzah tentang cara memasang puzzle “Pak Tani” dengan gerakan lomba.
3.      Anak-anak memindahkan bentuk geometri sesuai bentuk pada puzzle “Pak Tani”
4.      Anak-anak menempel bentuk geometri sesuai contoh setelah mendengar penjelasan dari Ustadzah.
5.      Anak-anak mendapatkan pin bentuk geometri yang ia sukai dengan menyebut nama bentuknya.
PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi lagu “bentuk geometri”
Scene Setting  :
Anak-anak masuk kelas dengan melompati bentuk-bentuk geometri yang menempel di lantai dan menyebut nama bentuk geometri.
Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan Ustadzah tentang cara mencontoh bentuk geometri.
2.  Anak-anak mencontoh bentuk geometri.
3.  Anak-anak mewarnai gambar sesuai bentuk geometri (merah untuk lingkaran, biru untuk segitiga dan kuning untuk segi empat) .
Strategi  :
Pemberian tugas, colour
Teaching Aids  :
LK, Karton bentuk geometri, Buku, Kertas HVS, Krayon, Kertas lipat, lem.
Sumber Belajar  :

Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas



  
( Ike Nur Hayati, S.Pd)                                                         ( Asmawiyah, S.Pd.I )

Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 2 Agustus 2010              Pelaksanaan : 3 Agustus 2010

SILABUS
Judul                                 : Kenalkan….. Namaku…. Jenis kelaminku….Alamatku…..
Materi                                : Diri sendiri
Kompetensi Dasar            : kemampuan mengenal diri sendiri
Hasil Belajar                     :  Anak mampu menyebut nama panggilan, jenis kelamin dan   alamat rumah secara sederhana
Indikator Hasil Belajar : - Anak mampu menyebut nama panggilan, jenis kelamin dan alamat rumah secara sederhana
-   Anak mampu menjawab pertanyaan tentang nama panggilan, jenis kelamin dan alamat rumah secara sederhana
Alokasi waktu                    : 2 x 30 menit

 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :  Tepuk “ Jari”
Scene Setting  :
Kemarin ustadzah menemukan suatu benda, benda itu biasanya dipakai untuk tutup kepala, menurut teman-teman, benda apakah itu?
Prosedur Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan guru tentang gambar “anak laki-laki dan anak perempuan” (ciri-ciri jenis kelamin).
2.  Anak-anak mendapatkan LK dengan password menyebutkan nama panggilan dan jenis    kelamin.
3.  Anak-anak melingkari gambar yang sesuai dengan jenis kelaminnya.
4.  Anak-anak merobek dan menempelkan pakaian yang sesuai dengan jenis kelaminnya dan memasangkannya di buku menempel.
5.  Anak-anak mewarnai gambar sesuai dengan jenis kelaminnya.
PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi lagu “Ku Punya 2 Mata”
Scene Setting  :
Suatu hari Nabila ikut mama pergi ke pasar., Di sana Nabila membantu mama mencari ikan dan sayur, diapun mencari kesana dan kemari tanpa disadari Nabila sudah berjalan jauh dan terpisah  dari mamanya, padahal Nabila ingin segera pulang.
Siapa yang mau membantu Nabila mencari jalan pulang ?
  Aktivitas :
1.  Anak-anak melihat denah rumah Nabila.
2.  Anak-anak diajak mencari jalan menuju rumah Nabila sesuai dengan alamat yang ditunjukkan guru.
3.  Anak-anak mendapatkan LK dengan password alamat rumah sendiri.
4.  Anak-anak mewarnai gambar
Strategi  :
Pemberian tugas dan tebak kata.
Project (Optional)  :
Menyebut alamat rumah secara sederhana
Teaching Aids  :
LK (Lembar Kerja). Gambar denah rumah.
Sumber Belajar  :
Majalah Nabila
Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio
Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                       ( Asmawiyah, S.Pd.I )

LESSON PLAN
KB – TK TERPADU ALKHAIRIYAH SURABAYA

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah, S.Pd.I
Sekolah                              : KB-TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan   : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A / I
Tanggal konsultasi           : 18 Agustus 2010                        Pelaksanaan : 19 Agustus 2010

SILABUS
Judul                                 : Presidenku……/ Kereta api
Materi                                : Puzzle
Kompetensi Dasar            : Kemampuan menyusun 4 -6 kepingan puzzle
Hasil Belajar                    :   Anak mampu menyusun 4 – 6 kepingan puzzle pada gambar menjadi bentuk utuh.
Indikator Hasil Belajar  :  1. Anak mampu menyusun 4 – 6 kepingan puzzle.
                                             2. Anak mampu menyebut gambar yang utuh
Alokasi waktu                   : 2 x 30 menit
 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I
ALPHA ZONE         
Salam Pembuka  : Tepuk “ Negaraku “
Scene Setting  :
            Waktu bersih-bersih kelas, Ustadzah menemukan 2 gambar presiden Indonesia yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono atau yang biasa dipanggil bapak SBY, yang satu gambarnya utuh tapi satunya lagi terpotong-potong, menurut teman-teman, gimana ya… caranya menyusun potongan-potongan gambar presiden menjadi utuh ?
Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak melihat gambar “presiden” secara utuh.
2.      Anak-anak diajak Ustadzah menyusun puzzle “presiden” secara bersama.
3.      Anak-anak menyusun puzzle “presiden” dengan cara menempel potongan gambar ke buku gambar.
4.      Anak-anak menyusun puzzle kayu.

PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi “Naik kereta api”
 Scene Setting  :
              Ustadzah membacakan buku tentang “kereta api”.
Setelah membaca buku tentang “kereta api” , Amir meminta pada ayah dan ibu mengunjungi kakek dan nenek di desa dengan menaiki kereta api. Tapi… waktu mereka sampai di stasiun ternyata keretanya mengalami tabrakan, gerbongnya jadi putus deh…..
Siapa yang mau bantu menyambung gerbong keretanya ?
 Aktivitas :
1.      Anak-anak menyusun potongan-potongan gambar “kereta api” secara bersama dengan Ustadzah.
2.      Anak-anak menyusun puzzle “kereta api” dengan cara memberi lem pada potongan gambar dan menempelkannya ke buku.
3.      Anak-anak mewarnai gambar “kereta api”
4.      Anak-anak menyusun puzzle kayu.
Strategi  :
            Pemberian tugas,
Project (Optional)  :

Teaching Aids  :
            Foto  “presiden”, puzzle “presiden”, buku gambar, lem, buku bacaan, puzzle kayu.
Sumber Belajar  :
           Buku Kereta Api, Mike Bowler, Quality Press, 1997.
Penilaian : 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                            ( Asmawiyah, S.Pd.I )
LESSON PLAN
KB – TK TERPADU ALKHAIRIYAH SURABAYA

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah, S.Pd.I
Sekolah                              : KB-TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan   : Kreatifitas
Kelas / Semester               : TK A / I
Tanggal konsultasi           : 19 Agustus 2010                        Pelaksanaan : 20 Agustus 2010

SILABUS
Judul                                 : Garuda Pancasila
Materi                                : Mewarnai dengan pensil warna
Kompetensi Dasar            : Kemampuan mewarnai dengan alat berupa pensil warna
Hasil Belajar                    :   Anak mampu mewarnai dengan alat berupa pensil warna.
Indikator Hasil Belajar  :  1. Anak mampu memegang pensil warna dengan benar.
                                             2. Anak mampu mewarnai pada gambar dengan tepat dan rata
Alokasi waktu                   : 30 menit

 PROSEDUR AKTIVITAS

ALPHA ZONE         
Salam Pembuka  : 
Menyanyi lagu “ 17 Agustus “
Scene Setting  :
    Guru menjelaskan tentang lambang Negara Garuda Pancasila beserta gambar sila.
Di hari ulang tahun Indonesia yang  ke 65 ini, Arman ingin membeli gambar garuda pancasila untuk dipajang di rumah, tapi setiba di toko ternyata gambar garuda pancasilanya masih berwarna putih, supaya gambarnya tampak bagus, diapakan ya ?
Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah tentang cara mewarnai gambar garuda dengan pensil warna.
2.      Anak-anak membeli gambar “Garuda Pancasila” dan pensil warna di toko “BACA”.
3.      Anak-anak mewarnai gambar “Garuda Pancasila” dan mewarnai dengan pensil warna.
4.      Anak-anak memajang gambar “Garuda Pancasila” di kelas.

Strategi  :
            Sosio drama, Pemberian tugas,
Project (Optional)  :

Teaching Aids  :
            LK, Gambar Garuda Pancasila, pensil warna
Sumber Belajar  :

Penilaian : 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio


Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                           ( Asmawiyah, S.Pd.I )




















 Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
 

Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kreativitas
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 27  Juli 2010,                                          Pelaksanaan : 28 Juli 2010

SILABUS
Judul                                 : Kebun binatang dan Halaman pak Salim
Materi                                : Menstempel
Kompetensi Dasar            : kemampuan menstempel dengan jari dan stempel pola
Hasil Belajar                    :   Anak mampu menstempel pada pola yang ditentukan guru
Indikator Hasil Belajar   : - Anak mampu mencelup jari dan stempel pada pewarna
-  Anak mampu menstempel dengan jari dan stempel pada pola yang ditentukan oleh guru
Alokasi waktu                   : 2 x 30 menit

 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :  Tepuk “ gajah” , menyanyi “ ikan “
Scene Setting  :
          Pada hari minggu, ustadzah Aas dan ustadzah Anis pergi ke suatu tempat yang luas sekali, di sana banyak binatangnya, ada gajah, ada kuda, ada singa, harimau, zebra, ikan dan masih banyak lagi, binatang-binatang tersebut tinggal di kandang masing-masing dan dijaga sama pak penjaga, tapi, pagi itu pak penjaganya ketiduran dan akibatnya binatangnya lepas semua.
Siapa yang mau membantu pak penjaga mencari binatang yang lepas dan membuat pagar kandangnya?  
Prosedur Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan guru tentang cara menstempel dengan pola jari dan pola.
2.  Anak-anak membentuk pagar pada buku gambar sesuai contoh guru.
3.  Anak-anak menstempel pola binatang seperti yang dicontohkan Ustadzah
4.  Anak-anak mendapat hadiah pin karton yang ada stempel gambar binatang yang disukai.

PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi lagu “Lihat Kebunku”
Scene Setting  :
Halaman pak Salim penuh dengan dedaunan yang berjatuhan dari pepohonan, saat halamannya di bersihkan ternyata daunnya banyak sekali sampai-sampai tong sampahnya tidak muat, terus pak Salim minta tolong sama Ustadzah Aas dan teman dari TK A, mau diapakan daunnya?
Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan Ustadzah tentang cara menstempel dengan daun ke buku gambar.
2.  Anak-anak mencelupkan daun ke pewarna dan  menekannya ke buku gambar.
 
Strategi  :
Pemberian tugas.
Teaching Aids  :
Buku gambar, miniature binatang, stempel , bantalan stempel, pewarna, pin karton.
Sumber Belajar  :

Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio


Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd )                                                         ( Asmawiyah, S.Pd.I )

Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
 

Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal Konsultasi          : 31 Juli 2010                                   Pelaksanaan : 2 agustus 2010

SILABUS
 

Judul                                 : Pak Tani
Materi                                : Mengenal bentuk geometri
Kompetensi Dasar            : kemampuan mengenal bentuk geometri
Hasil Belajar                    :   Anak mampu membedakan tiga bentuk geometri dengan benar
Indikator Hasil Belajar   : - Anak mampu menyebut tiga bentuk geometri (segitiga, lingkaran dan segi empat)
-  Anak mampu menunjuk tiga bentuk geometri (segitiga, lingkaran dan segi empat)
Alokasi waktu                   : 2 x 30 menit

 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I
Alpha Zone    :
Salam Pembuka : Menyanyi “lingkaran besar-kecil” sambil bergandeng tangan
Scene Setting  :
          Suatu hari Ustadzah jalan-jalan ke taman yang sangat indah, eiiit………..dari kejauhan Ustadzah mendengar suara tangisan anak kecil, Ustadzah mendekati anak tersebut, ternyata anak itu menangis karena mainan puzzle “Pak Tani”nya berantakan. 
Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak diajak lomba membetulkan puzzle “Pak Tani”
2.      Anak-anak mendengarkan penjelasan Ustadzah tentang cara memasang puzzle “Pak Tani” dengan gerakan lomba.
3.      Anak-anak memindahkan bentuk geometri sesuai bentuk pada puzzle “Pak Tani”
4.      Anak-anak menempel bentuk geometri sesuai contoh setelah mendengar penjelasan dari Ustadzah.
5.      Anak-anak mendapatkan pin bentuk geometri yang ia sukai dengan menyebut nama bentuknya.
PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi lagu “bentuk geometri”
Scene Setting  :
Anak-anak masuk kelas dengan melompati bentuk-bentuk geometri yang menempel di lantai dan menyebut nama bentuk geometri.
Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan Ustadzah tentang cara mencontoh bentuk geometri.
2.  Anak-anak mencontoh bentuk geometri.
3.  Anak-anak mewarnai gambar sesuai bentuk geometri (merah untuk lingkaran, biru untuk segitiga dan kuning untuk segi empat) .
Strategi  :
Pemberian tugas, colour
Teaching Aids  :
LK, Karton bentuk geometri, Buku, Kertas HVS, Krayon, Kertas lipat, lem.
Sumber Belajar  :

Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas



  
( Ike Nur Hayati, S.Pd)                                                         ( Asmawiyah, S.Pd.I )

Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 2 Agustus 2010              Pelaksanaan : 3 Agustus 2010

SILABUS
Judul                                 : Kenalkan….. Namaku…. Jenis kelaminku….Alamatku…..
Materi                                : Diri sendiri
Kompetensi Dasar            : kemampuan mengenal diri sendiri
Hasil Belajar                     :  Anak mampu menyebut nama panggilan, jenis kelamin dan   alamat rumah secara sederhana
Indikator Hasil Belajar : - Anak mampu menyebut nama panggilan, jenis kelamin dan alamat rumah secara sederhana
-   Anak mampu menjawab pertanyaan tentang nama panggilan, jenis kelamin dan alamat rumah secara sederhana
Alokasi waktu                    : 2 x 30 menit

 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :  Tepuk “ Jari”
Scene Setting  :
Kemarin ustadzah menemukan suatu benda, benda itu biasanya dipakai untuk tutup kepala, menurut teman-teman, benda apakah itu?
Prosedur Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan guru tentang gambar “anak laki-laki dan anak perempuan” (ciri-ciri jenis kelamin).
2.  Anak-anak mendapatkan LK dengan password menyebutkan nama panggilan dan jenis    kelamin.
3.  Anak-anak melingkari gambar yang sesuai dengan jenis kelaminnya.
4.  Anak-anak merobek dan menempelkan pakaian yang sesuai dengan jenis kelaminnya dan memasangkannya di buku menempel.
5.  Anak-anak mewarnai gambar sesuai dengan jenis kelaminnya.
PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi lagu “Ku Punya 2 Mata”
Scene Setting  :
Suatu hari Nabila ikut mama pergi ke pasar., Di sana Nabila membantu mama mencari ikan dan sayur, diapun mencari kesana dan kemari tanpa disadari Nabila sudah berjalan jauh dan terpisah  dari mamanya, padahal Nabila ingin segera pulang.
Siapa yang mau membantu Nabila mencari jalan pulang ?
  Aktivitas :
1.  Anak-anak melihat denah rumah Nabila.
2.  Anak-anak diajak mencari jalan menuju rumah Nabila sesuai dengan alamat yang ditunjukkan guru.
3.  Anak-anak mendapatkan LK dengan password alamat rumah sendiri.
4.  Anak-anak mewarnai gambar
Strategi  :
Pemberian tugas dan tebak kata.
Project (Optional)  :
Menyebut alamat rumah secara sederhana
Teaching Aids  :
LK (Lembar Kerja). Gambar denah rumah.
Sumber Belajar  :
Majalah Nabila
Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio
Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                       ( Asmawiyah, S.Pd.I )

LESSON PLAN
KB – TK TERPADU ALKHAIRIYAH SURABAYA

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah, S.Pd.I
Sekolah                              : KB-TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan   : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A / I
Tanggal konsultasi           : 18 Agustus 2010                        Pelaksanaan : 19 Agustus 2010

SILABUS
Judul                                 : Presidenku……/ Kereta api
Materi                                : Puzzle
Kompetensi Dasar            : Kemampuan menyusun 4 -6 kepingan puzzle
Hasil Belajar                    :   Anak mampu menyusun 4 – 6 kepingan puzzle pada gambar menjadi bentuk utuh.
Indikator Hasil Belajar  :  1. Anak mampu menyusun 4 – 6 kepingan puzzle.
                                             2. Anak mampu menyebut gambar yang utuh
Alokasi waktu                   : 2 x 30 menit
 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I
ALPHA ZONE         
Salam Pembuka  : Tepuk “ Negaraku “
Scene Setting  :
            Waktu bersih-bersih kelas, Ustadzah menemukan 2 gambar presiden Indonesia yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono atau yang biasa dipanggil bapak SBY, yang satu gambarnya utuh tapi satunya lagi terpotong-potong, menurut teman-teman, gimana ya… caranya menyusun potongan-potongan gambar presiden menjadi utuh ?
Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak melihat gambar “presiden” secara utuh.
2.      Anak-anak diajak Ustadzah menyusun puzzle “presiden” secara bersama.
3.      Anak-anak menyusun puzzle “presiden” dengan cara menempel potongan gambar ke buku gambar.
4.      Anak-anak menyusun puzzle kayu.

PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi “Naik kereta api”
 Scene Setting  :
              Ustadzah membacakan buku tentang “kereta api”.
Setelah membaca buku tentang “kereta api” , Amir meminta pada ayah dan ibu mengunjungi kakek dan nenek di desa dengan menaiki kereta api. Tapi… waktu mereka sampai di stasiun ternyata keretanya mengalami tabrakan, gerbongnya jadi putus deh…..
Siapa yang mau bantu menyambung gerbong keretanya ?
 Aktivitas :
1.      Anak-anak menyusun potongan-potongan gambar “kereta api” secara bersama dengan Ustadzah.
2.      Anak-anak menyusun puzzle “kereta api” dengan cara memberi lem pada potongan gambar dan menempelkannya ke buku.
3.      Anak-anak mewarnai gambar “kereta api”
4.      Anak-anak menyusun puzzle kayu.
Strategi  :
            Pemberian tugas,
Project (Optional)  :

Teaching Aids  :
            Foto  “presiden”, puzzle “presiden”, buku gambar, lem, buku bacaan, puzzle kayu.
Sumber Belajar  :
           Buku Kereta Api, Mike Bowler, Quality Press, 1997.
Penilaian : 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                            ( Asmawiyah, S.Pd.I )
LESSON PLAN
KB – TK TERPADU ALKHAIRIYAH SURABAYA

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah, S.Pd.I
Sekolah                              : KB-TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan   : Kreatifitas
Kelas / Semester               : TK A / I
Tanggal konsultasi           : 19 Agustus 2010                        Pelaksanaan : 20 Agustus 2010

SILABUS
Judul                                 : Garuda Pancasila
Materi                                : Mewarnai dengan pensil warna
Kompetensi Dasar            : Kemampuan mewarnai dengan alat berupa pensil warna
Hasil Belajar                    :   Anak mampu mewarnai dengan alat berupa pensil warna.
Indikator Hasil Belajar  :  1. Anak mampu memegang pensil warna dengan benar.
                                             2. Anak mampu mewarnai pada gambar dengan tepat dan rata
Alokasi waktu                   : 30 menit

 PROSEDUR AKTIVITAS

ALPHA ZONE         
Salam Pembuka  : 
Menyanyi lagu “ 17 Agustus “
Scene Setting  :
    Guru menjelaskan tentang lambang Negara Garuda Pancasila beserta gambar sila.
Di hari ulang tahun Indonesia yang  ke 65 ini, Arman ingin membeli gambar garuda pancasila untuk dipajang di rumah, tapi setiba di toko ternyata gambar garuda pancasilanya masih berwarna putih, supaya gambarnya tampak bagus, diapakan ya ?
Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah tentang cara mewarnai gambar garuda dengan pensil warna.
2.      Anak-anak membeli gambar “Garuda Pancasila” dan pensil warna di toko “BACA”.
3.      Anak-anak mewarnai gambar “Garuda Pancasila” dan mewarnai dengan pensil warna.
4.      Anak-anak memajang gambar “Garuda Pancasila” di kelas.

Strategi  :
            Sosio drama, Pemberian tugas,
Project (Optional)  :

Teaching Aids  :
            LK, Gambar Garuda Pancasila, pensil warna
Sumber Belajar  :

Penilaian : 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio


Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                           ( Asmawiyah, S.Pd.I )



LESSON PLAN
KB – TK TERPADU ALKHAIRIYAH SURABAYA

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah, S.Pd.I
Sekolah                              : KB-TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan   : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A / I
Tanggal konsultasi           : 23 September 2010                    Pelaksanaan : 24 September 2010
SILABUS
Judul                                  : Keluarga Sakinah……
Materi                                 : Keluargaku
Kompetensi Dasar             : Kemampuan mengenal keluarga
Hasil Belajar                     :  Anak mampu mengenal anggota keluarga..
Indikator Hasil Belajar  : 1. Anak mampu menunjuk anggota keluarga (Ayah, ibu, kakak, adik, nenek dan  kakek).
 2. Anak mampu anggota keluarga (Ayah, ibu, kakak, adik, nenek dan  kakek).
Alokasi waktu                    : 2 x 30 menit
 PROSEDUR  AKTIVITAS
PERTEMUAN I
ALPHA ZONE         
Salam Pembuka  :
Menyanyi lagu ‘ 1 1 aku sayang ibu”
Scene Setting  :
            Suatu hari Nabila dan Hasyim diajak ayah dan ibu pergi ke JMP, sesampai disana Nabila melihat banyak mainan, karna saking asyiknya tanpa disadari ayah, ibu dan kakak hasyim tidak ada disampingnya, Nabila pun minta bentuan pak satpam untuk mencari keluarganya dengan membawa foto keluarga, tapi sayang fotonya robek.
    Wah…. Bagaimana caranya supaya pak satpam bisa melihat foto keluarga nabila secara utuh ya ? 
Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak melihat gambar  “keluarga nabila”
2.      Anak-anak mendengarkan penjelasan Ustadzah tentang cara menyusun puzzle “keluarga Nabila”.
3.      Anak-anak mendapatkan puzzle “keluarga Nabila” dengan menyebut panggilan orang tua.
4.      Anak-anak menyusun puzzle “Keluarga Nabila” dengan cara memberi lem pada potongan gambar dan menempelkannya ke buku gambar.
PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi “Polisi mau tanya ”
 Scene Setting  :
            Kemarin waktu ke JMP Nabila dan keluarga membelikan baju buat nenek, tapi sayang, baju yang ada cuma warna putih, nah… biar bagus diapakan ya….?
            Alhamdulillah…. baju nenek sudah menjadi bagus, nah ….. sekarang yuk kita antarkan ke rumah nenek dan kakek !. Siapa membantu Nabila mencari rumah mereka ?
 Aktivitas :
1.      Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah tentang cara membatik yaitu mencelupkan daun ke pewarna dan menstempel ke gambar “baju”.
2.      Anak-anak. mencelupkan daun ke pewarna dan menstempel ke gambar “baju” di buku gambar.
3.      Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah tentang mencari jalan ke rumah kakek dan nenek
4.      Anak-anak mencari jejak menuju rumah nenek dan kakek (maze)
5.      Anak-anak mewarnai gambar.
Strategi  :
            Pemberian tugas, Wayang.
Project (Optional)  :
            Menyebut nama ayah dan ibu.
Teaching Aids  :
            Lk, kertas, lem, buku, wayang orang, daun, buku gambar, pewarna, spidol, crayon.
Sumber Belajar  :
          
Penilaian : 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio
Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                          ( Asmawiyah, S.Pd.I )
LESSON PLAN
KB – TK TERPADU ALKHAIRIYAH SURABAYA

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah, S.Pd.I
Sekolah                              : KB-TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan   : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A / I
Tanggal konsultasi           : 27 September 2010                    Pelaksanaan : 28 September 2010

SILABUS
Judul                                  : Lampu lalu lintas / Pelangi
Materi                                 : Mengenal warna
Kompetensi Dasar             : Kemampuan mengenal warna
Hasil Belajar                     :  Anak mampu mengenal macam-macam warna
Indikator Hasil Belajar    :  1. Anak mampu menunjuk warna sesuai instruksi guru
 2. Anak mampu menyebut macam-macam warna sesuai instruksi guru
Alokasi waktu                    : 2 x 30 menit

 PROSEDUR  AKTIVITAS
PERTEMUAN I
ALPHA ZONE         
Salam Pembuka  :
Menyanyi lagu “ Ada Bapak Polisi”
Scene Setting  :
            Hari ini Ustadzah mau mengajak anak-anak TK A membeli pensil di Toko Buku Gramedia  dengan menaiki sepeda motor, Sesampai di perempatan jalan tiba-tiba semua kendaraan di jalan raya berhenti, ada apa ya ? 
Prosedur Aktivitas :
1.      Ustadzah mengajak anak-anak bermain lampu lalu lintas dan menjelaskan aturan permainan yaitu : setiap Ustadzah menunjukkan kertas merah menandakan kendaraan (anak-anak) harus berhenti, kuning menandakan siap-siap dan hijau menandakan kendaraan boleh berjalan.
2.      Anak-anak berpura-pura sedang menaiki sepeda motor dan mengikuti permainan.
3.      Anak-anak mewarnai lampu lalu lintas.
4.      Anak-anak menempel bentuk geometri lingkaran berwarna (merah, kuning dan hijau) pada pensil sesuai urutan lampu lalu lintas.
PERTEMUAN II
Warmer  :
Menyanyi “ Siapa tahu ” dan “ Ku Tahu Warna Pelangi”
 Scene Setting  :
            Ustadzah membacakan buku tentang asal mula “Pelangi”
            Kemarin Si Adi meminta tolong ke kakaknya untuk menggambarkan pelangi, karna kakaknya ada keperluan sehingga kak Dika belum sempat mewarnainya., Adi sedih sekali gambarnya terlihat belum bagus.
Siapa yang mau membantu Adi untuk mewarnai gambar pelanginya? 
 Aktivitas :
1.      Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah tentang warna-warna pelangi dan cara mewarnai gambar pelangi.
2.      Anak-anak. mendapatkan LK gambar pelangi dengan menjawab pertanyaan Ustadzah.
3.      Anak-anak mewarnai gambar “Pelangi”.
Strategi  :
            Pemberian tugas, Sosio drama, Colour.
Project (Optional)  :
            Menceritakan kepada orang tua tentang warna-warna pelangi.
Teaching Aids  :
            Kertas lipat, pensil, lem, buku gambar, topi polisi, peluit, spidol, crayon, buku bacaan.
Sumber Belajar  :
           Buku Ensiklopedia, Gramedia For Kids.
Penilaian : 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                              ( Asmawiyah, S.Pd.I )







 Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 6 Oktober 2010                                      Pelaksanaan : 7 Oktober 2010

SILABUS
Judul                                 :  Kepiting Yang Malang
Materi                                :  Konsep mengenal 1- 5
Kompetensi Dasar            :  Kemampuan mengenal konsep angka 1-5 dengan benda
Hasil Belajar                     : Anak mampu membilang konsep angka 1-5 dengan benda
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu membilang 1-5 dengan benda
2. Anak mampu menarik garis angka 1-5 ke benda yang sesuai jumlahnya
Alokasi waktu                    :  2 x 30 menit

 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :  Tepuk “Naik – turun tangga”
Scene Setting  :
    Hari ini Ustadzah membawa teman hewan, hewan ini biasanya tinggal di laut, dia mempunyai kaki dan 2 supit, siapakah dia?  Tapi hari ini teman kita yaitu pak kepiting lagi sakit soalnya kemarin habis bermain gulat sama teman-temannya, pukul sana pukul sini, tendang sana tendang sini sampai supitnya patah, padahal diakan mau ikut lomba.
    Nah,… Siapa yang mau membantu pak kepiting? 
Prosedur Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan guru tentang cara aturan perlombaan yaitu berlari dengan mengambil huruf sejumlah angka yang tertulis di piring kertas (1-3) dengan menggunakan jepitan.
2.  Anak-anak menjawab pertanyaan Ustadzah tentang angka.
3.   Anak-anak menarik garis angka 1-3 ke benda yang sesuai jumlahnya di LK.
4.  Anak-anak mewarnai gambar.

PERTEMUAN II :
Warmer :

Scene Setting :


Aktivitas :



Strategi  :
Games, Pemberian tugas
Project (Optional)  :
Teaching Aids  :
LK, jepitan, piring angka, huruf, crayon, keranjang.
Sumber Belajar  :

Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio
Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas



( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                       ( Asmawiyah, S.Pd.I )
LEsson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 7 Oktober 2010                                           Pelaksanaan : 8 Oktober 2010
SILABUS 1
Judul                                 : Pahlawan Penyelamat Sekolahku
Materi                                : Sekolah                        
Kompetensi Dasar            : kemampuan mengenal sekolah
Hasil Belajar                     :  Anak mampu menyebut nama sekolah dan nama guru di sekolah secara benar
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu menyebut nama sekolah
          2. Anak mampu menyebut nama guru
Alokasi waktu                    :  30 menit
SILABUS 2
Judul                                 : Mainanku
Materi                                : Mainan di rumah dan di sekolah
Kompetensi Dasar            : kemampuan mengetahui macam-macam mainan
Hasil Belajar                     :  Anak mampu mengetahui macam-macam mainan di rumah dan di sekolah
Indikator Hasil Belajar : 1. Anak mampu menyebut macam-macam mainan di rumah dan di    sekolah
2. Anak mampu menggunakan alat bermain di sekolah yang disukai tanpa bantuan guru.
Alokasi waktu                    :  30 menit
 PROSEDUR AKTIVITAS
Alpha Zone    : Salam Pembuka : 
Scene Setting  1 :
Guru membacakan buku “Nana Masuk Sekolah”
Saat  Nana asyik bermain di halaman sekolah bersama teman-teman, tiba-tiba ada truk yang lewat dan menabrak sekolah Nana, Astaghfirullahal ‘adzim………lihat teman-teman , sekolah Nana jadi roboh. Siapa yang mau membantu Nana membangun sekolahnya?
 Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak mendengarkan penjelasan guru tentang cara menyusun potongan kertas (bentuk geometri) yang membentuk “sekolah”.
2.      Anak-anak memberi lem pada kertas bentuk geometri dan menempelkannya di buku .
3.      Anak-anak mendapatkan gambar “ustadzah” dengan menyebutkan nama-nama Ustadzah.
4.      Anak-anak memberi lem pada gambar dan dan menempelkannya di buku menempel.
5.      Anak-anak mewarnai gambar “Ustadzah”.
Scene Setting  2 :
        Setelah berhasil membangun sekolah yang roboh, Nanapun membersihkan mainan-mainan yang berserakan di kelas dan tanpa disadari mainannya ada yang terbawa pulang. Sesampai di rumah Nana langsung tidur karna kecapekan, tak lama kemudian nana terbangun dan disampingnya ada adiknya yang mengeluarkan mainan yang ada di dalamnya dan mencampurkannya dengan mainan milik adiknya, Nana kebingungan mencari mainan milik sekolah. Siapa yang mau membantu Nana memilah mainan?
  Prosedur Aktivitas :
1.  Anak-anak mendengarkan penjelasan guru tentang cara membedakan mainan di sekolah dan rumah.
2.  Anak-anak melingkari mainan yang biasa ada di rumah.
3.  Anak-anak mewarnai gambar mainan di sekolah.
4.  Anak-anak memainkan mainan ada di kelas (bombiq, rantai, bola tusuk, plastisin dan balok)
Strategi  : Membangun (construct), manipulasi
Project (Optional)  :       
Teaching Aids  :  
LK, Kertas lipat, buku gambar, crayon, pensil,lem, bombiq, rantai, bola tusuk, plastisin, balok)
Sumber Belajar  :Majalah Nabila
Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                        ( Asmawiyah, S.Pd.I )


























LEsson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Bahasa
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 13 Oktober 2010                                    Pelaksanaan : 14 Oktober 2010
SILABUS 1
Judul                                 : Mencari Tas
Materi                                : Membaca b, c, d, f
Kompetensi Dasar            : kemampuan memahami huruf konsonan
Hasil Belajar                     :  Anak mampu mengetahui huruf  b, c, d, f
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu mrnunjuk huruf  b, c, d, f
          2. Anak mampu menyebut huruf b, c, d, f
3. Anak mampu meniru membuat huruf  b, c, d, f
Alokasi waktu                    :  2 x 30 menit
SILABUS 2
Judul                                 : Tas Baru
Materi                                : Meletakkan tas dan sepatu
Kompetensi Dasar            : kemampuan merapikan tas dan sepatu
Hasil Belajar                     :  Anak mampu merapikan tas dan sepatu dengan benar
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu menyebut tas dan sepatu
2. Anak mampu meletakkan tas dan sepatu pada rak dengan rapi
Alokasi waktu                    :  30 menit
 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I :
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :  “ Aku Ingin begini” ( Ost. Doraemon)

Scene Setting  1 :
Kemarin Nobita pergi ke tukang jahit, dia memesan tas banyak sekali untuk dibagikan ke teman-temannya, tapi saat  tasnya diambil ternyata tasnya dicuri giant dan dimasukkan ke kantong merah lalu disembunyikan di suatu tempat yang sangat gelap di tengah hutan, Nobita sedih kemudian ia minta bantuan ke Doraemon untuk membuka pintu ajaibnya. Nah….. Siapa yang mau membuka pintu danmengambil tasnya ?


 Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak mencari jalan menuju pintu ajaib dengan melewati jembatan yang tertera furuf “b” dan “c” lalu meloncati huruf “b” dan “c” (di lantai).
2.      Anak-anak mencari pintu yang tertera huruf “b” dan “c”.
3.      Anak-anak menempel kertas yang tertulis huruf “b” dan “c” di tas..
PERTEMUAN II :
Warmer :  Menyanyi “ a b c”
Scene Setting  :
            Hari ini Nobita mau ke rumah Desi dan Fakhri untuk membagikan tas, rumah mereka sedangkan nobita belum pernah kesana, biar gampang tanya orang disana Nobita ingin membawa foto, foto mereka ada di album dan tertera huruf “d” dan “f”, Yuk kita cari foto mereka…..!
Aktivitas :
  1. Anak-anak mencari foto Desi dan Fakhri yang tertera huruf “d” dan “f” di album.
  2. Anak-anak menulis huruf “d” dan “f” di buku.
  3. Anak-anak mewarnai gambar.
  4. Anak-anak mengembalikan album dengan meloncat di kertas huruf “d” dan “f” sambil mengucap huruf “d” dan “f” .
Scene Setting  2 :
        Setelah berhasil menemukan kantong merah, anak-anak pun kembali ke kelas.
  Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak masuk kelas dengan melepas sepatu lalu meletakkan di loker masing-masing.
2.      Anak-anak mendengarkan penjelasan guru tentang cara membuat tas.
3.      Anak-anak membuat tas.
4.      Anak-anak meletakkan tas di rak dengan benar.
Strategi  : Sosio drama, manipulasi, Pemberian tugas, colour.

Project (Optional)  :       
Teaching Aids  :
 Kertas sampul buku gambar, lem, kertas lipat huruf, tali, kantong merah, kertas huruf, double tipe.
Sumber Belajar  :Majalah Nabila
Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                       ( Asmawiyah, S.Pd.I )
Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kognitif  & Pembiasaan
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 14 Oktober 2010                                     Pelaksanaan: 15 Oktober 2010
SILABUS 1
Judul                                 : Pagiku  yang cerah
Materi                                : Mengenal pagi, siang dan malam
Kompetensi Dasar            : kemampuan mengenal konsep waktu pagi, siang dan malam
Hasil Belajar                     :  Anak mampu mengenal konsep pagi, siang dan malam
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu menunjuk keadaan pagi, siang dan malam
          2. Anak mampu menyebut aktivitas pagi, siang dan malam.
Alokasi waktu                    :  2 x 30 menit
SILABUS 2
Judul                                 : Gigiku Bersih Gigiku Sehat
Materi                                : Cara menggosok gigi
Kompetensi Dasar            : Kemampuan menggosok gigi
Hasil Belajar                     :  Anak mampu menggosok gigi dengan benar
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu menyebut peralatan gosok gigi
2. Anak mampu menggosok gigi dari atas ke bawah dengan benar
Alokasi waktu                   :  30 menit
 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I :
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :   Menyanyi “ Matahari Terbenam”
Scene Setting  1 :
Ustadzah mengajak anak-anak bermain siang dan malam.
 Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah tentang proses terjadinya siang dan malam dengan menggunakan globe dan senter.
2.      Anak-anak menunjuk pada globe keadaan pagi, siang dan malam.
3.      Anak-anak menyebut aktivitas pagi, siang dan malam dengan cara memberi tanda X pada simbol waktu di LK.
4.      Anak-anak mewarnai gambar.

PERTEMUAN II :
Warmer : 
Menyanyi “ Bangun Pagi-pagi”
Scene Setting  :
Kira-kira apa saja si…. Yang kita lakukan di pagi, siang dan malam? Kegiatannya sama atay beda ?
Aktivitas :
  1. Anak-anak mendengarkan penjelasan Ustadzah tentang aktifitas di pagi, siang dan malam.
  2. Anak-anak mencocokkan gambar kegiatan dengan  konsep waktu.
  3. Anak-anak menjawab pertanyaan Ustadzah tentang aktifitas-aktifitas di pagi, siang dan malam.
  4. Anak-anak mewarnai gambar.
Scene Setting  2 :
            Karena sudah bangun Ustadzah mengajak anak-anak menggosok gigi, Ustadzah membacakan buku cerita “Aku Suka Gosok Gigi”
  Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak mendengar Penjelasan Ustadzah tentang cara menggosok gigi
2.      Anak-anak mendapat sikat gigi dengan menyebut nama peralatan gosok gigi.
3.      Anak-anak menggosok gigi.
Strategi  : Aplied learning, demonstrasi, colour.
Project (Optional)  :       
Teaching Aids  :
 Buku kratifitas, spidol, globe, senter, gigi palsu, sikat gigi, pasta gigi, crayon.
Sumber Belajar  : Buku kreatifitas IGRA, Buku cerita “Aku Suka Gosok Gigi” Dar Mizan.
Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                       ( Asmawiyah, S.Pd.I )






Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kreatifitas
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 16 Oktober 2010                                     Pelaksanaan: 18 Oktober 2010
SILABUS 1
Judul                                 : Mencari foto
Materi                                : Menggambar orang
Kompetensi Dasar            : kemampuan menggambar orang
Hasil Belajar                     :  Anak mampu menggambar orang dengan benar
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu menggambar orang dengan benar.
          2. Anak mampu memberi warna pada gambar orang
Alokasi waktu                    :  3 x 30 menit
 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I :
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :   Menyanyi “ My Eyes, My Nose”
Scene Setting  1 :
Ketika Nobita berhasil menemukan foto milik Desi dan Fakhri, ternyata fotonya rusak, bagian wajahnya ada yang hilang, Nobitapun bertanya kepada Doraemon, karma sakit gigi Doraemon tidak bisa memberi jawaban, lalu Doraemon memberi buku ensiklopedi tentang anggota badan manusia.
Yuk kita lihat bersama……….!
 Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah tentang bagian badan manusia dan cara menggambar orang.
2.      Anak-anak menirukan Ustadzah memegang bagian-bagian tubuh masing-masing.
3.      Anak-anak menambahkan bagian wajah yang hilang
4.      Anak-anak mewarnai gambar.
 PERTEMUAN I I:
Warmer :
Ustadzah menyanyikan lagu “lingkaran kecil-lingkaran besar” sambil menggambar.
Scene Setting :
            Saat evakuasi korban bencana gunung merapi, banyak jenazah yang tidak dikenal dan disimpan di Rumah Sakit, setelah diotopsi  pihak RS mengumumkan namanya pada media massa.

Prosedur Aktivitas :
  1. Anak-anak mendengarkan Ustadzah tentang cara menggambar orang.
  2. Anak-anak menggambar “orang” dengan spidol secara bersama-sama di papan tulis.
  3. Anak-anak menebali gambar “orang”.
  4. Anak-anak mewarnai gambar “orang”.
  5. Anak-anak melukis “orang” secara sederhana dengan kuas.
Strategi  : pemberian tugas, manipulasi, colour.
Project (Optional)  :       
Teaching Aids  :
 Buku kreatifitas, spidol, crayon, kuas, pewarna, kertas karton, LK.
Sumber Belajar  :
-          Buku kreatifitas IGRA, Ensiklopedi manusia Gramedia
-          Jawa Pos.
Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                       ( Asmawiyah, S.Pd.I )


           










Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 20 Okt / 2 Nop 2010                            Pelaksanaan: 21 Okt /3 Nop 2010
SILABUS 1
Judul                                 : Taman KB-TK Terpadu Alkhairiyah
Materi                                : Tanaman
Kompetensi Dasar            : kemampuan mengenal tanaman
Hasil Belajar                     :  Anak mampu nama-nama tanaman
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu menyebut nama-nama tanaman
          2. Anak mampu menyirami tanaman dengan benar
Alokasi waktu                    :  2 x 30 menit
 PROSEDUR AKTIVITAS
PERTEMUAN I :
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :   Menyanyi “ Lihat Kebunku”
Scene Setting   :
Ustadzah mengajak anak-anak berjalan-jalan ke taman sekolah
 Prosedur Aktivitas :
1.      Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah tentang nama maca-macam tanaman ddan cara merawat yang ada di sekitar sekolah
2.      Anak-anak menyebut nama-nama tanaman di sekitar TK
3.      Anak-anak menyirami tanaman.
4.      Anak-anak mewarnai gambar.
PERTEMUAN II :
Warmer:
Anak-anak menyebutkan nama-nama tanaman di taman TK
Scene Setting :
Ustadzah mengajak anak-anak melihat taman TK, ternyata bunganya hanya 2, biar tamannya lebih indah, Ustadzah mengajak anak-anak membeli sesuatu yang cantik, berwarna-warni, harum dan bisa mekar, Apa namanya ya?
Prosedur Aktivitas :
  1. Anak-anak mendengarkan penjelasan Ustadzah tentang nama-nama bunga.
  2. Anak-anak menjawab pertanyaan Ustadzah tentang nama-nama bunga.
  3. Anak-anak membeli bunga (gambar).
  4. Anak-anak mencocok gambar bunga.
Strategi  : sosio drama, applied learning, colour.
Project (Optional)  :       
Teaching Aids  :
 Buku kreatifitas, spidol, crayon, tanaman, bunga (mawar & bugenfil), sekop,  gelas, air, gambar bunga, alat cocok, bantalan, .
Sumber Belajar  : Buku kreatifitas IGRA.
Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                       ( Asmawiyah, S.Pd.I )


















Lesson plan
Kb – tk terpadu alkhairiyah surabaya

IDENTITAS
Nama Guru                      : Asmawiyah
Sekolah                              : KB – TK Terpadu Alkhairiyah
Bidang Pengembangan    : Kognitif
Kelas / Semester               : TK A/ I
Tanggal konsultasi           : 21 Oktober 2010                                     Pelaksanaan: 22 Oktober 2010
SILABUS 1
Judul                                 : Menanam kacang hijau
Materi                                : Percobaan kacang Hijau
Kompetensi Dasar            : kemampuan mempraktekkan proses pertumbuhan kacang hijau
Hasil Belajar                     :  Anak mampu mempraktekkan kacang hijau ditanam
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu melakukan percobaan kacang hijau ditanam
          2. Anak mampu mengamati pertumbuhan kacang hijau yang ditanam
          3. Anak mampu menyebut hasil percobaan kacang hijau ditanam
Alokasi waktu                    :  30 menit
 SILABUS 2
Judul                                 : Siramilah aku……….
Materi                                : Hemat air
Kompetensi Dasar            : kemampuan menggunakan air secukupnya
Hasil Belajar                     :    Anak mampu menggunakan air secukupnya
Indikator Hasil Belajar    : 1. Anak mampu mematikan kran setelah memaka air
          2. Anak mampu menyebut guna hemat air.
         
Alokasi waktu                    :  30 menit
PROSEDUR AKTIVITAS
Alpha Zone    :
Salam Pembuka :   Menyanyi “ Lihat Kebunku”
Scene Setting  1 :
    Hari ini Ustadzah membawa teman, namanya si kacang hijau, ia sedih sekali karena tubuhnya masih kecil padahal ia ingin masuk sekolah seperti teman-teman, kata mamanya ia bisa tumbuh tinggi kalau ia patuh kepada kedua orang tuanya yaitu rajin makan dan minum.
Prosedur Aktivitas :
  1. Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah tentang cara menanam kacang hijau dengan kapas dan proses pertumbuhannya.
  2. Anak-anak menanam kacang hijau dengan menggunakan kapas.
  3. Anak-anak mengurutkan gambar proses menanam kacang hijau.
  4. Anak-anak mewarnai gambar.
Warmer I : Anak-anak mengamati pertumbuhan kacang hijau
Warmer II: Anak-anak menyebut hasil percobaan
Scene Setting  2 :
 Biar si kacang hijau tumbuh besar dan subur, mari kita beri air secukupnya yuk……….!
Prosedur Aktivitas :
  1. Anak-anak mendengar penjelasan Ustadzah cara menggunakan air secukupnya dan guna hemat air.
  2. Anak-anak menyirami kacang hijau dengan air secukupnya.
  3. Anak-anak mematikan kran sesudah menggunakan air.

Strategi  : applied learning, eksperimen, color.
Project (Optional)  :       
Teaching Aids  :
LK,  gelas plastic aqua, air, kacang hijau, kapas, pensil, crayon.
Sumber Belajar  :
Penilaian 
Aktivitas yang dinilai dilakukan dengan penilaian otentik dalam lembar portofolio

Mengetahui
Kepala KB-TK Terpadu Alkhairiyah                                                        Guru kelas




( Ike Nur Hayati, S.Pd. )                                                            ( Asmawiyah, S.Pd.I )















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar